SELAMAT DATANG DI TAMAN-PENDIDIKAN DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANYA

Jumat, 12 Juni 2009

PELEPASAN SISWA KELAS IX


Merupakan salah satu acara penting yang harus dilalui oleh siswa kelas sembilan adalah mengikuti ujian akhir (UN dan UAS), yang menentukan apakah siswa itu dapat menlanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMA atau SMU.
Semua berharap berhasil dengan hasil yang memuaskan, apalagi jika rata-rata nilai ujian nasionalnya mencapai nilai yang baik. Hasil dari ujian nasional ini digunakan sebagai parameter kelulusan dan sebagai standar penerimaan siswa baru. Sebelum hasil nilai ujian di umumkan salah satu acara yang tidak kalah penting harus diikuti adalah pelepasan siswa.
Pelepasan siswa adalah acara yang diselenggarakan oleh sekolah dengan kegiatan berupa pengarahan kepala sekolah secara umum dan pengarahan-pengarahan lainnya serta hiburan. Acara ini pada umumnya orang menyebut acara perpisahan atau bisa juga diwujudkan dalam bentuk acara sukuran, ini tergantung kepada niat dari sekelompok orang atau seseorang. Alangkah baiknya acaranya berisi kegiatan yang dapat mengarahkan siswa kejenjang sekolah berikut dan hiburan-hiburan yang merupakan aplikasi dari hasil belajar siswa, misalnya kesenian, bahasa indonesia dan mata pelajaran lainnya. Kesenian pada umumnya menampilkan musik dan tarian, bahasa indonesia dengan membaca puisi dan drama. Acara seperti ini telah dilakukan oleh SMPN 62 Jakarta yang diselenggarakan di GOR Otista dengan meriahnya dan secara umum dapat dikatakan tertib. Mungkin akan lebih baik lagi jika setiap siswa menampilkan dengan berpakaian adat dan guru seta karyawannya batik atau pakaian adat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar